Sabtu, 08 May 2021
  • (0473) 21002
  • dp2kb@luwuutarakab.go.id

Pemerintah KAB. Luwu Utara melalui DP2KB menggelar BAKSOS bulan bakti IBI 2020

Pemerintah KAB. Luwu Utara melalui DP2KB menggelar BAKSOS bulan bakti IBI 2020 Peninjauan langsung peserta KB oleh Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani didampingi Kadis DP2KB Marhani katma.


Sabbang Selatan _10 Maret 2020 Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani mencanangkan secara resmi bulan Bhakti  IBI  yang ditandai dengan penyerahan ALOKON kepada ketua IBI Kabupaten Luwu Utara  Bidan yayuk  Winarti.

Pada acara pencanganan bulan Bhakti IBI  yang dilaksanakan di PUSKESMAS Sabbang Selatan,  dirangkaikan dengan pelayanan langsung kepada masyarakat khususnya  para Aseptor KB dengan    kontrasepsi Implant dan IUD  dari  12 Kecamatan.  

Dalam sambutannya   Bupati menyampaikan dan  mengajak kepada  seluruh masyarakat dan Stakeholder untuk bersama-sama memerangi ancaman laju pertumbuhan penduduk melalui program keluarga berencana  dan  Bupati menekankan perlunya edukasi kepada   seluruh masyarakat  tentang apa itu KB, Apa Dampak bila tidak ber-KB sampai kepada tehnis pemakaian alat kontrasepsi  terutama jangka pendek yang harus di laksanakan sendiri oleh Akseptor, kadang-kadang banyak yang gagal oleh karena kurangnya pemahaman dalam menggunakannya.

Pada acara BAKSOS ini, juga di hadiri oleh Kepala Perwakilan BKKBN Prov. Sul-Sel yang diwakili oleh Kepala Seksi KB  Sekaligus memfasilitasi dalam proses pelayanan. 

Dalam acara pembukaan pencangan Ketua pelaksana sekaligus ketua IBI melaporkan bahwa jumlah Bidan yang ada di Luwu Utara sekitar 721 orang yang tersebar di seluruh Desa  dan siap memberikan pelayanan dari setiap siklus kehidupan manusia, mulai dari ibu  hamil, melahirkan, masa nipas, anak  remaja sampai pada lansia

Dalam rangka peningkatan pelayanan khususnya di bidang kesehatan, Bupati menyampaikan bahwa diharapkan tenaga kesehatan yang ada di tingkat Desa  minimal satu tenaga perawat, satu tenaga bidan dan satu tanaga kesehatan masyarakat. Dengan hadirnya ketiga profesi kesehatan di tingkat Desa diharapkan derajat kesehatan masyarakat dapat lebih di tingkatkan .

Pada acara pembukaan pencangan juga di kumandangkan lagu MARS KB, untuk menggelorakan kembali lagu yang tidak pernah terdengar lagi padahal lagu tersebut pernah popular pada awal  program KB di luncurkan     ungkap kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana , drg. Marhani Katma, MARS., sekaligus mengajak untuk memaknai secara saksama isi dari lagu tersebut  yang sangat motivatif

Kegiatan BAKSOS dilaksanakan selama satu hari dan berakhir  dengan jumlah aseptor yang dilayani  sebanyak  134 dari target 150 akseptor.

*MK